Tips Membaca Sehari Satu Buku



Bisakah membaca sehari satu buku? Saya sering melakukannya dan saya yakin semua orang pun bisa melakukannya. Meski, waktu luang yang dimiliki oleh setiap orang itu berbeda.

Tentu kita akan memulainya dengan sebuah alasan: mengapa kita harus membaca? Mengapa pula satu hari satu buku?

Kita harus menemukan alasan kuat mengapa kita harus membaca. Dan saya rasa, alasan paling kuat yang bisa kita berikan adalah bahwa membaca menaikkan derajat kemanusiaan kita. Sebab akal, membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Dan salah satu nutrisi bagi akal agar terus bekerja maksimal adalah, membaca.

Mengapa satu buku tiap hari? Untuk yang ini, bukan paksaan. Anda boleh membaca berapa kalipun dalam seminggu. Hanya menurut saya, jika kita makan nasi saja dijatah 3 kali sehari. Mengapa tidak membuat aturan serupa untuk asupan bagi akal kita? Dan saya kira, satu buku tiap hari adalah yang ideal.

Jika Anda ingin mencoba, saya akan memberikan tips-tipsnya.

Mulailah dari Buku-Buku Ringan
Jangan membayangkan bahwa satu buku setiap hari, berarti Anda harus membaca buku-buku berat seperti filsafat, pemikiran, atau buku-buku sastra dunia. Jika Anda belum terbiasa, maka mulailah dari membaca buku-buku humor atau komik atau novel grafis.

Mulailah dari Buku-Buku Tipis
Jangan pula mebayangkan bahwa satu buku setiap hari, berarti Anda harus membaca buku ensiklopedi. Bisa mulai dari buku-bukut tipis. Ada banyak buku tipis dan buku saku yang tebalnya mungkin hanya sekitar 50 sampai 60 halaman.

Bulatkan Tekad
Kuatkan kembali tekad untuk bisa membaca sehari satu buku. Karena tekad inilah yang paling berpengaruh dalam proses Anda mencapai target ini.

Bawalah Buku Kemanapun Pergi
Langkah selanjutnya adalah, bawalah buku yang ingin dituntaskan hari itu kemana saja Anda pergi. Anda mungkin berpikir tak ada waktu luang dari pagi hingga malam. Jika Anda tidak membawa buku itu ke kantor, mungkin benar, tak akan pernah ada waktu-waktu luang itu. Sebab Anda berangkat selepas subuh dan kembali ke rumah sudah dalam keadaan mengantuk.

Bacalah Setiap Bab Atau Setiap 10 Halaman
Cara ini agar Anda tak merasa terbebani. Jadi ketika Anda memiliki waktu luang, bacalah 10 halaman terlebih dahulu. Jika Anda merasa kurang, karena waktu yang tersedia masih banyak, maka tambahkan lagi 10 halaman. Demikian seterusnya.

Manfaatkan Setiap Waktu yang Ada
Maksud saya, Anda tak harus memiliki waktu khusus untuk membaca. Tapi gunakan waktu-waktu jeda dalam pekerjaan Anda, waktu-waktu menunggu, atau bahkan bisa menyelinginya dalam waktu-waktu produktif (jika memungkinkan).

Katakanlah kecepatan membaca Anda 300 KPM (kata per menit). Dalam satu menit, Anda membaca 1 halaman. Sementara waktu jeda yang sering Anda miliki 5 menit. Berarti 5 halaman. Dalam satu hari, Anda memiliki waktu jeda misal sebanyak sepuluh kali. Berarti sudah 50 halaman.

Untuk melakukan cara ini, Anda harus rela sedikit berkorban. Berkorban untuk tidak terlalu banyak mengotak-atik gawai Anda. Ganti dengan aktivitas membaca. Saya kira akan lebih produktif.

Banyak saya lihat orang yang bengong sambil menunggu pekerjaan di kantor, membuka bolak-balik aplikasi whatsapp, terkadar juga ngobrol dengan rekan-rekan kerja yang isinya gossip dan hal-hal tak penting. Bagus sekali jika Anda bisa mengggantinya dengan membaca.

Gunakan Teknik Skimming
Kecepatan membaca rata-rata  Anda sekitar 300 KPM jika membaca dengan cara biasa. Tetapi kecepatan Anda bisa bertambah menjadi dua kali lipat jika menggunakan teknik skimming. Teknik skimming artinya teknik membaca dengan cara melompat. Anda tidak harus membaca secara linier: dari kiri ke kanan, terus ke bawah kiri hingga kanan lagi. Anda tinggalkan menggunakan lima jari dan sisir satu halaman secara cepat sampai Anda menemukan ide pokok atau pokok bahasan di dalamnya. Perlambat atau berhenti jika menemukan sesuatu yang penting.

Untuk lebih jelas tentang teknik skimming ini, Anda bisa membacanya dalam buku-buku teori speed reading. Saya kira kita semua perlu mempelajarinya. [rafif]

sumber gambar: ft.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Membaca Sehari Satu Buku "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel