Tips Mendapatkan Harga Buku Murah



Mungkin inilah yang ditunggu-tunggu. Saya akan membagikan tips tentang bagaimana mendapatkan buku dengan harga murah. Tetapi sebelum itu, saya harus memastikan bahwa Anda yang membaca tips ini adalah pecinta buku. Karena jika tidak, semurah apapun harga buku, Anda tidak akan membelinya. 

1. Mengunjungi Pameran Buku
Ada banyak pameran buku yang diadakan di kota-kota besar. Mulai Islamic Book Fair, Big Bad Wolf, hingga pameran-pameran buku yang diadakan langsung oleh penerbit-penerbit besar. Harga buku di pameran biasanya penuh dengan diskon. Bahkan jika beruntung, Anda akan menemukan buku-buku yang dijual di bawah harga produksi.

Gunakan kesempatan ini untuk “menimbun” buku. Sebagai tabungan bacaan untuk beberapa bulan ke depan.

2. Mengikuti Giveaway
Jika Anda memiliki media sosial, perbanyaklah berteman dengan para penulis, penerbit, atau penjual buku. Kadang-kadang mereka mengadakan giveaway buku gratis. Manfaatkan kesempatan itu. Memang tak ada jaminan dapat. Tapi apa salahnya mencoba. Siapa tahu Anda yang beruntung.

Kalaupun Anda kurang tertarik dengan buku yang dijadikan giveaway, buku tersebut bisa Anda jadikan koleksi atau hadiah bagi teman Anda atau bisa barter dengan sesama pecinta buku.

3. Gunakan Mesin Pencari
Kalau kebetulan Anda mencari judul buku tertentu, Anda bisa gunakan mesin pencari google. Ketik: harga+judul buku. Misal, “Harga Rumah Tangga Tanpa Cinta”. Nanti akan muncul beberapa yang sesuai. Biasanya dari pelapak di marketplace maupun toko online. Tetapi saya sarankan Anda lebih teliti dan berhati-hati. Jangan sampai tertipu.

Pastikan tidak hanya buku yang Anda cari termurah di toko itu, tetapi toko itu juga punya rekam jejak penjualan yang bagus. Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat review beberapa pembelinya.

4. Beli dalam Jumlah Banyak
Cara ini tidak berlaku kalau Anda membeli di toko buku-toko buku konvensional. Jika Anda membeli di lapak-lapak atau kios-kios kecil masih sangat mungkin. Tak jarang para penjual malah senang karena buku-buku dagangannya diborong.

Anda bisa melakukan tips ini jika memang dalam satu lapak, ada banyak buku yang Anda minati. Lagi-lagi sebagai tabungan hingga beberapa bulan ke depan.

5. Beli di Pasar Buku
Beberapa kota memiliki pasar buku, suatu tempat yang cukup luas  dan terdapat banyak kios yang menjajakan buku. Di Surabaya ada Kampung Ilmu dan Pasar Blauran, di Malang ada Velodrom dan Wilis. Tempat-tempat seperti itu yang bisa Anda kunjungi.

Jika kebetulan di kota Anda belum ada, bisa dijadikan program jalan-jalan ke kota terdekat. Cuci mata sekaligus memborong buku-buku. Saya jamin harganya lebih murah daripada Anda beli di toko buku. Tetapi perlu hati-hati, untuk buku-buku best seller biasanya sulit cari yang ori.

6. Menawar Harga
Tidak semua orang menyukai cara ini. Tapi kalau Anda memang ingin mendapatkan buku dengan harga murah, Anda harus pandai menawar. Toh, menawar hal biasa dalam jual-beli. Tak perlu malu atau gengsi. Terutama di pasar buku, Anda harus menggunakan jurus menawar ini jika memang ingin mendapatkan buku dengan harga semurah mungkin.

7. Berteman dengan Pecinta Buku
Sebisa mungkin, Anda punya banyak teman dari kalangan penulis, pembaca buku, toko buku, hingga penerbit. Tak harus berteman dekat. Bisa hanya menjadi teman di akun media sosial yang Anda gunakan. Ikuti postingan-postingan mereka yang berkenaan dengan buku.

Akun IG @CahayaPustaka misalnya, sering membuat promo-promo buku dengan harga menarik. Penerbit seperti Indiva juga sering menawarkan paket promo di akun media sosial miliknya.

8. Mengikuti Lelang
Saya kadang mengadakan lelang buku di WAG tertentu. Rata-rata saya pasang harga sangat murah, bisa di bawah harga beli. Beberapa yang beruntung bisa mendapatkan buku dengan harga “hancur”.

Ada beberapa WAG atau di FB dan mungkin juga di situs-situs tertentu yang mengadakan lelang buku semacam ini. Siapa tahu Anda mendapatkan buku yang selama ini diincar dengan harga super murah.

9. Punya Toko Buku Langganan
Yang saya maksud dengan toko buku langganan, bisa salah satu pelapak di pasar buku atau toko buku online. Jika Anda sudah sering membeli buku di sana, Anda bisa minta pengurangan harga. Atau malah seringkali penjualnya yang dengan senang hati memberikan Anda diskon spesial, bonus berupa buku, dan lainnya. Apalagi jika Anda sudah cukup akrab, bisa jadi ada kejutan-kejutan lainnya.

10. Bergabung di Grup Penjual dan Pembeli Buku
Ada banyak grup di WA atau FB yang anggotanya para penjual buku dan pecinta buku. Di sana Anda bisa menemukan banyak buku yang ditawarkan oleh para penjual. Beberapa kadang ditawarkan dengan harga sangat murah. Kalau jeli, mungkin Anda bisa menemukan buku yang Anda inginkan dengan harga sangat terjangkau.

11. Kejutan Garage Sale
Beberapa teman di media sosial kadang menjual beberapa buku koleksinya dengan alasan bersih-bersih karena rak buku sudah penuh. Ada yang memang menjual karena sudah tak ingin lagi mengoleksi buku atau yang dijual buku-buku milik keluarga dekatnya yang sudah meninggal. Atau seperti yang pernah saya dapatkan, buku bekas milik penjual buku yang “tobat” atau pensiun.
Harganya bisa diobral habis-habisan. Karena sebenarnya, buku-buku tersebut seolah buangan. Daripada dibuang eman, mending dijual. Sehingga dijual dengan harga super hancur. Harapan bisa segera laku semua dan rumahnya kembali “bersih”.

12. Membeli di Marketplace
Selain di pasar buku konvensional, tak ada salahnya Anda mencoba berkunjung ke pasar buku digital. Atau lebih tepatnya di marketplace. Dalam satu marketplace ada puluhan hingga ratusan penjual buku. Mereka menawarkan banyak sekali judul buku. Anda tinggal pilih. Atau bisa juga menggunakan fitur pencarian judul buku atau pengarang tertentu.

Jika sudah ketemu, bisa periksa di bagian bawah. Biasanya ada saran penawaran buku-buku sejenis. Carilah buku dengan harga termurah dari pelapak terpercaya. Jika Anda sudah punya pelapak langganan, bisa juga gunakan fitur urutkan harga termurah. Sehingga Anda bisa tahu, buku termurah yang dijual pelapak tersebut. Anda bisa hunting sampai menemukan buku yang cocok. [rafif]

sumber gambar: rmotr.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mendapatkan Harga Buku Murah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel