Semua Buku "Menginspirasi"



Buku bagus mengilhami orang untuk menulis, sedangkan buku jelek bisa juga menantang orang untuk menulis kritik atau membantahnya (Alfons Taryadi)

Saya setuju dengan apa yang diungkapkan Alfons. Tidak sia-sia orang yang membaca. Terlepas apakah buku yang ia baca bagus atau jelek, bermanfaat atau tidak sama sekali. Keduanya “menginspirasi”.

Tetapi ini hanya berlaku bagi pembaca yang tidak sekadar membaca. Ia berdiskusi, berdialog dengan bacaannya. Ia bukan tipe pembaca yang menelan mentah-mentah semua teks yang ia kunyah. Ia berpikir, menggunakan nalar kritis, dan berani membantah jika apa yang ia terima bertentangan dengan prinsip-prinsip asasi yang ia anut selama ini.

Lalu paling tidak, ia akan merespon bacaan “buruk” itu dengan sebuah kritik melalui tulisan. Ia kemukakan argument kuat, mengapa ia menolak gagasan yang dikemukakan dalam buku itu. maka saat itulah terjadi ruang diskusi yang sehat. Diskusi barangkali akan terus berlanjut jika penulis buku itu membacanya, atau orang lain yang sependapat dengan penulis buku memberikan tanggapannya.

Forum seperti ini tidak hanya memperkaya khazanah keilmuan, tetapi berhasil menjadikan literasi sebagai bahan obrolan yang mengasyikkan. Jauh lebih mengasyikkan daripada membincangkan gosip-gosip murahan.

Saya pribadi membaca semua buku. Baik buku yang islami kanan maupun islami kiri, buku-buku komunis, buku-buku yang nyrempet vulgar, buku-buku yang disukai maupun dibenci, buku-buku filsafat hingga humor. Semua buku. Tentu dengan intensitas berbeda dan tujuan yang berbeda pula. 
Setiap selesai membaca, saya akan membuat review-nya. Entah itu bernada setuju atau tidak setuju.

Dengan membaca semua jenis buku, semua gagasan dan pemikiran, saya bisa menyelami seluruh isi dunia. Saya bahkan seakan-akan berjumpa dengan para penulisnya dan berdebat tentang karya mereka. Saya seperti berkeliling dunia, mengintip sudut demi sudut, menyusuri lorong-lorong rahasia, beterbangan di antara gulita dan cahaya.

Rasanya tak ada pengembaraan yang lebih mengasyikkan daripada menyusuri rimbun kata-kata, tak ada rekreasi yang lebih menyenangkan daripada menikmati indahnya pesona kata-kata, tak ada petualangan yang lebih menantang daripada mendaki bebukit kata dan sampai pada puncaknya.

Buku-buku telah menjadikan saya kaya, menjadikan dunia saya begitu luas. Saya bisa memandang satu masalah dari banyak sisi, yang bisa jadi belum terpikirkan oleh orang lain. Kemampuan ini membuat saya lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Saya tidak mudah menuduh seseorang sesat hanya karena berbeda pendapat. Bagi saya, perbedaan pendapat adalah kekayaan yang membuka ruang untuk melihat persoalan dari berbagai sudut pandang. Perbedaan pendapat bukan untuk saling menghancurkan atau meniadakan, justru untuk memberikan alternatif pilihan penyelesaian terbaik, langkah terbaik, jalan terbaik.

Orang yang membaca hanya satu atau sedikit buku, tidak akan mudah berlapang dada menyikapi perbedaan. Tetapi jika mereka sudah memiliki keluasan ilmu dengan membaca buku lintas pemikiran, baru terasa, bahwa betapa sempit pikirannya dulu.

Inilah juga yang pernah dialami Buya Hamka. Ketika beliau ditanya, dulu Buya tak berqunut, kenapa sekarang berqunut. Maka jawab Buya, “Dulu saya hanya membaca satu kitab. Sekarang sudah membaca ribuan kitab.”

Apakah itu berarti terjadi perubahan sikap dan prinsip hidup? Jika perubahan itu lebih baik, lebih positif, kenapa tidak? Dalam perjalanan hidup ini kita memang harus terus tumbuh menjadi lebih baik. Sebab jika stagnan saja, niscaya kita masuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi.

Yang penting, kita harus memastikan bahwa buku-buku itu tidak menyeret kita pada kegalauan hidup, pada perubahan yang lebih buruk. Bagaimana cara? Kita harus terus perkuat pondasi keagamaan kita, nilai-nilai prinsipil yang kita yakini. Jika sebagai muslim, jadikan Alquran dan sunnah sebagai rujukan utama. Lalu lakukan perenungan setelah membaca. Gunakan akal dan hati. Akal dan hati yang jernih menjadi filter terbaik dari setiap keburukan yang berusaha merongrong pribadi kita. [rafif]


sumber gambar: lovepik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Semua Buku "Menginspirasi""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel