8 Tips Mengatasi Kantuk Saat Membaca Buku


Salah satu yang diakui sebagai hambatan ketika membaca adalah rasa kantuk yang datang tiba-tiba. “Gak pernah bisa tahan lama saat membaca. Pasti ngantuk berat,” begitu pengakuan seseorang. Hambatan ini kemudian dijadikan sebagai alasan utama untuk tidak membaca.

Sebagian dari mereka yang dalam hatinya masih ada keinginan untuk membaca bertanya-tanya, bagaimana caranya menghilangkan rasa kantuk itu?

Mengantuk saat membaca sebenarnya tidak hanya dialami oleh para pembaca “pemula”, para kutu buku pun sering mengalaminya. Jadi tak perlu panik atau bersedih. Cukup fokus pada bagaimana cara mengatasinya.

Secara pribadi, saya akan memberikan beberapa tips berdasarkan pengalaman dan teori yang saya temukan.

1. Hindari Posisi Berbaring
Posisi membaca sambil berbaring berpotensi besar menyebabkan mengantuk saat membaca. Maka hindarilah, kecuali memang sudah terbiasa dan tak ada masalah.

2. Pilih Buku yang “Ringan”
Jika dalam posisi baca bagaimanapun tetap mengantuk, cara ini bisa digunakan. Bacalah buku yang segar dan ringan. Misal buku-buku humor atau how to. Hindari buku-buku berat karena akan membuat malas dan mengantuk.

3. Siapkan Camilan Buah Segar
Buah segar seperti semangka atau jeruk sangat bagus sebagai teman membaca. Konsumsilah beberapa potong setelah membaca beberapa lembar.

4. Minum Air Putih
Ketika kantuk datang, tak ada salahnya minum segelas air putih. Lalu lanjutkan membaca dengan posisi berbeda.

5. Ngopi Boleh Juga
Bagi yang terbiasa minum kopi, baca buku sambil ngopi menjadi aktivitas yang menyenangkan. Dijamin kantuk langsung hilang.

6. Temukan yang Paling Menarik
Salah satu penyebab kantuk datang menyerang adalah merasa buku yang dibaca terlalu garing. Tak ada aturan harus membaca dari awal secara berurutan. Membaca secara acak juga asyik, sambil mencari bagian yang paling menarik. Ini ibarat petualangan mencari harta karun.

7. Baca Setelah Bangun Tidur
Jika kantuk memang tak tertahankan, sebaiknya memang tidurlah terlebih dahulu. Baca buku ketika sudah merasa fresh setelah bangun tidur dan mandi.

8. Perkuat Tujuan dan Motivasi
Hal yang membuat seseorang bersemangat melakukan aktivitas apapun, karena ia memiliki alasan dan motivasi kuat mengapa melakukan aktivitas itu. Demikian pula dengan membaca. Temukan sebanyak mungkin jawaban dari pertanyaan, mengapa harus membaca buku itu?

sumber gambar: islampos.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "8 Tips Mengatasi Kantuk Saat Membaca Buku"

  1. Hihi bener jangan sambil tiduraan

    BalasHapus
  2. Jadikan baca kebutuhan jadi kalau ngga baca ada yang kurang yaaa hihi

    BalasHapus
  3. Kalo bukunya "berat" biar gak ngantuk gimana?

    BalasHapus
  4. Membantu bgt mas, aku termasuk org yg suka ngantuk saat baca.

    BalasHapus
  5. Hahaha, kok ini ya pas banget ama aku. Buku jadi teman bobok, hahaha

    BalasHapus
  6. Setuju be, paling sering tuh aku baca sambil makan cemilan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel