Barter Buku dengan Sepatu


Seorang teman menawarkan beberapa barang miliknya untuk dibarter dengan buku. Ada slayer, tas, sepatu, kerudung, kain, kopi, hingga handphone.

Menarik sekaligus unik menurut saya. Pada umumnya, buku dibarter buku dengan judul berbeda. Tetapi ini ada buku dibarter dengan sepatu. Rupanya, teman saya itu sangat ingin menambah buku koleksinya, terutama buku-buku yang selama ini ia cari. Dengan cara seperti inilah, ia bisa mendapatkan buku-buku impiannya dengan cepat. Sebuah ide luar biasa.

Saya salut pada teman yang satu ini. Tidaklah mudah menukar barang-barang kesayangan dengan buku. Karena bisa jadi ia memiliki nilai sejarah atau kenangan. Sangat mungkin pula harga barang  yang dibarter lebih mahal dari harga buku yang ia dapatkan. Tapi inilah bukti bahwa ia adalah pecinta buku sejati. Penikmat kata-kata yang selalu haus ilmu.

Seorang filsuf pernah berkata, “Kalau ada uang sedikit saya belikan buku. Baru kalau ada sisanya, saya belikan makanan  dan pakaian.” Karena mungkin ia menyadari bahwa buku adalah asupan dan nutrisi bagi akal sebagaimana makanan adalah asupan bagi jasad.

Teman saya ini, barangkali telah sampai pada kesadaran sebagaimana yang dimiliki sang filsuf. Tidak ada artinya pakaian baru dan bagus jika akal justru terbelakang. Tak mudah untuk sampai pada fase pemahaman seperti ini. Ketika buku lebih dicintai daripada sepatu baru.

Saya rasa barter semacam ini perlu terus disemarakkan. Agar semakin banyak orang-orang yang menginginkan buku bagus, buku impian, “tertolong” untuk mendapatkannya.

Tapi bagaimana jika justru si empunya buku yang menukar buku-buku bagus miliknya dengan sepatu, merasa tak lagi peduli dengan buku? Itu justru baik. Barter menjadi solusi terbaik. Karena dengan buku itu, buku-buku bagus berada di tangan yang tepat, orang-orang yang mencintainya, yang akan merawatnya. Sepenuh hati.

Jadi mari, ide menarik ini kita semarakkan. Tidak hanya sepatu. Suatu saat mungkin ada yang menukar sejumlah buku dengan barang berharga seperti perhiasan emas, sepeda motor, mobil, atau bahkan rumah mewah?


sumber gambar: groovebags.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Barter Buku dengan Sepatu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel