Tips Agar Menulis Setiap Hari


Bagaimana agar bisa menulis setiap hari? Pertanyaan ini sering diajukan pada saya. Ya, menulislah. Itu jawaban saya.
"Tapi gak ada waktu."
"Ya sudah, gak usah nulis."
"Tapi gak ada ide."
"Lah, itu sudah bisa jadi ide. Tulislah kenapa gak ada ide."
"Tapi laptop saya rusak."
"Dulu gak ada laptop, orang menulis pakai pena dan kertas."
"Tapi saya gak pandai merangkai kata."
"Kamu bisa bicara kan? Bukankah itu merangkai kata?"
Sudahlah. Pangkal dari semua itu sama: malas. Malas menulis. Titik.
Sebelum membaca tips dari saya ini, kau harus melakukan satu hal: singkirkan kemalasan itu. Kau bukan tak bisa menulis, tapi tak mau menulis. Itu karena kau tak punya alasan kuat, mengapa harus menulis. Sama seperti kau bersekolah. Kau akan malas, jika kau tak punya alasan kuat kenapa bersekolah. Kau pun akan malas makan, jika tak punya alasan kenapa harus makan.
Setelah hilang rasa malas, kau boleh mengikuti tips dari saya ini, agar bisa menulis setiap hari.
1. Tulislah apa yang kau alami hari itu. Apa saja. Yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Ya, seperti kau menulis diary. Boleh dengan gaya curhat, puisi, cerpen. Bebas. Mana yang menurutmu paling mudah.
2. Sediakan waktu 10 menit saja. Apakah waktu 10 menit terlalu lama? Oke, 5 menit saja. Itu jauh lebih singkat dari waktu yang kamu perlukan untuk mandi dan makan. Lebih singkat dari waktu istirahat siang, internetan, atau japrian gak jelas dengan teman.
3. Tulislah dengan cepat. Jangan berhenti sebelum 10 menit usai. Dari semua pelatihan yang saya berikan, semua bisa menulis minimal 1 halaman dalam waktu 10 menit. Ada yang sampai 3 atau 4 halaman. Syaratnya, tak boleh berhenti menulis sedetik pun.
4. Buat jadwal menulis rutin. Itu tadi pemanasan untuk tulisan pendek. Selanjutnya, sediakan waktu lebih lama untuk menulis panjang. Boleh 30 menit, 1 jam, dan seterusnya.
5. Pantang tidur sebelum nulis. Dalan kondisi sangat ngantuk sekali pun, jangan tidur sebelum kau berhasil menulis hari itu. Anggaplah itu sebagai kewajiban. Jika tak menulis, berarti kau melakukan kesalahan besar. Menyalahi janji terhadap dirimu sendiri.
6. Ikut Writing Challenge. Di FLP atau di kelas menulis yang saya adakan, ada tantangan untuk menulis setiap hari. Berlomba-lomba dengan teman yang lain. Perlombaan seperti ini memicu semangat untuk menulis tiap hari.
7. Beri hadiah dan hukuman untuk diri sendiri. Beri hadiah misal makanan favoritmu, saat kau berhasil menyelasaikan target tulisan hari itu. Uangnya dari mana? Ya, kantong sendiri. Kalau gagal, beri "hukuman". Bisa berupa sesuatu yang mungkin kamu berat melakukannya, tapi itu sebenarnya baik. Misal, berinfaq, jogging 10 menit, push up, atau membaca buku filsafat.
8. Publikasikan tulisanmu. Agar banyak orang yang membaca tulisanmu. Saat ada satu atau dua orang yang mengapresiasi, akan membuatmu lebih bersemangat lagi untuk menulis. Jika ada yang mengkritik, itu hal biasa. Tak ada karya yang benar-benar sempurna. Bahkan karya para penulis dunia pun tak lepas dari kritik.
9. Perbanyak membaca. Karena sebagian besar ide diperoleh dari membaca. Baca apa saja. Terutama buku-buku bagus yang mencerahkan. Membaca status FB dan cuitan twitter juga boleh. Siapa tahu, kamu mendapat ide ketika membaca status temanmu yang unik dan menginspirasi.
10. Abaikan segala aturan kepenulisan. Banyak terjadi, kau tak menulis karena belum apa-apa sudah membayangkan tulisanmu harus super keren dan tak ada kesalahan secuil pun di dalamnya. Menulislah dan abaikan semua tanda baca, struktur kalimat, typo, paragraf pertama yang menarik, koherensi, dan segala hal yang justru hanya akan membelenggu dan menyiksamu. Lagi pula, apa yang kamu tulis nanti, tidak serta merta langsung dipubliksikan. Masih ada waktu untuk koreksi, ada waktu untuk revisi.
Masih banyak tips lainnya. Insya Allah akan saya bagi tuntas di kelas menulis yang sedang dan akan saya adakan.
Selamat mencoba. Selamat berlatih.

sumber gambar: udemy.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Agar Menulis Setiap Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel