Tips Agar Anak Suka Membaca


Kebiasaan masa kecil, menentukan masa depan seseorang. Karena itu, tumbuhkan kebiasaan-kebiasaan positif pada anak sedini mungkin. Termasuk, kebiasaan membaca buku.

Karena jika mereka sudah jatuh cinta pada buku, dengan mudahnya mereka akan membuka gudang-gudang ilmu. Dan ilmu, adalah salah satu kunci sukses hidup, dunia akhirat.

Lalu bagaimana cara membuat mereka gemar membaca?

1. Jauhkan dari gawai dan tivi. Ini langkah pertama. Akan sulit sekali membuat anak suka membaca, jika dia menghabiskan waktu berjam-jam untuk nonton tivi, main game, atau nonton video di gawai. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun, kalau sudah kecanduan sinetron, saya jamin minat membacanya turun.

2. Membaca di depan anak. Berilah keteladanan. Anak adalah peniru hebat.
Kalau orangtua tak suka membaca, bagaimana mungkin anak suka membaca. Kadang orangtua semangat membelikan anaknya buku, tapi ia sendiri malas membaca. Membeli buku untuk diri sendiri, jarang sekali, pikir-pikir seribu kali. Ingat, buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

3. Penuhi rumah dengan buku. Biarkan ada banyak buku di setiap sudut rumah. Semakin sering mereka melihat bahan bacaan, semakin tumbuh ketertarikan pada buku. Bukankah Anda tertarik pada sebuah produk juga karena iklannya sering diulang? Bahkan yang semula Anda tak suka dengan iklan itu, tiba-tiba sudah membeli produknya. Biarkan mereka melihat ada buku dimana-mana.

4. Berikanlah buku kepada anak. Biarkan mereka berinteraksi dengan buku. Sembari itu kita ikut membaca buku. Kalau mereka hanya menyentuh, dan membolak-balik isinya secara cepat, biarkan saja. Biarkan saja mereka berinteraksi dengan caranya sendiri.

5. Menyampaikan hal menarik yang ada dalam buku. Ceritakanlah kepada anak Anda, pengetahuan atau informasi yang Anda peroleh dari buku, sembari menunjukkan buku dan menyebutkan judulnya.

6. Membacakan cerita. Read aloud banyak manfaatnya. Membacalah dengan suara keras di dekat mereka. Kalau bisa, ajaklah mereka ikut melihat teksnya. Kalau tidak mau, biarkan saja mereka hanya mendengarnya. Kalau mereka sibuk sendiri, seolah tidak mendengar, biarkan saja, itu akan tetap bermanfaat buat mereka. Dan tentu buat Anda juga.

7. Ajak ke toko buku atau perpustakaan. Saya melihat ada orangtua yang setiap akhir pekan selalu mengajak anaknya ke toko buku. Tak harus beli buku. Sekadar membaca atau melihat-lihat. Syukur-syukur bisa mengkhatamkan buku di sana. Hehe. Kalau ada pameran buku, ajaklah mereka juga refreshing ke sana. Atau setidaknya mampir sebentar, sebelum refreshing ke mal :D

8. Tidur dekat buku. Sediakan rak buku kecil di kamar tidur anak, atau biarkan satu dua buku tergeletak di sana. Tak usah terlalu rapi. Biarkan mereka bermimpi indah bersama buku-buku.

9. Berikan buku yang memuat sesuatu yang mereka sukai. Misal mereka suka mobil-mobilan, cari buku yang ada gambar mobil-mobilan. Mereka suka es krim, kasih buku yang ada gambar es krim atau cerita tentang pembuatan es krim. Buku resep? Haha, ya bolehlah.

10. Mempraktikkan isi buku. Setelah membaca buku yang berisi keteladanan, dipraktikkan bersama. Atau seperti anak saya yang membaca buku KKPK, isinya cerita membuat kue, besoknya dia langsung praktik. Hehe.

11. Hadiah buku. Jadikan buku sebagai hadiah di momen-momen istimewa. Misalnya, saat anak ulang tahun, saat dia juara kelas, atau saat ia melakukan kebaikan apapun yang dilalui dengan perjuangan. Hadiah buku akan membuat memorinya selalu mengenang, bahwa buku adalah sesuatu yang sangat berharga.

Masih banyak tips lainnya. Jangan lupa beli buku terbaru saya "Jatuh Cinta Pada Buku", ada banyak tips, informasi, dan cerita tentang buku di dalamnya.

Sidoarjo, 13 Juli 2019

*) boleh di-share jika bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Agar Anak Suka Membaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel