Buku-Buku di Kamar Mandi



Pernah melihat kamar mandi dengan rak berisi buku-buku? Saya pernah, tapi di sebuah majalah. Kalau melihat secara langsung, belum sama sekali.

Tapi saya punya ide untuk mewujudkan itu. dan saya langsung utarakan pada istri. Jawabannya tegas, tidak! Alhasil, ide itu hanya terus berkelebat dalam imajinasi dan mimpi. Mungkin harus menunggu punya rumah dengan kamar mandi yang bagus dan lebar seperti yang ditampilkan di majalah itu.

Sebenarnya, tujuannya bukan untuk keren-kerenan apalagi hiasan. Saya terinspirasi dari buku “Read-Aloud Handbook” yang mengatakan bahwa untuk menumbuhkan kecintaan dan semangat membaca yang tinggi, kita harus lebih sering melihat materi bacaan di mana saja. pikir saya, termasuk di kamar mandi.

Alasan lain, beberapa kali saya merasa asyik saat membaca di kamar mandi. Bahkan mengkhatamkan sebuah buku kecil di dalamnya. Terasa menantang dan waktu yang ada menjadi lebih produktif.

Ini boleh ditiru, boleh juga tidak.

Sedangkan ide untuk membuat “taman baca” di kamar mandi, mari kita pikirkan bersama.

Apa sih yang menjadi kekhwatiran utama? Kalau menurut istri saya, akan mudah basah kena air dan membuat kamar mandi semakin sumpek.

Sebenarnya, kegelisahan itu bisa diatasi. Misal dengan cara memasang rak yang tertutup, meletakkannya di pojok atau dinding bagian atas kamar mandi. Sederhana kan?

Mungkin iya, bagi yang memiliki kamar mandi seluas lapangan golf, tapi bagi yang kamar mandinya kelewat sempit, adanya rak buku akan terasa menyiksa.

Kalau sudah begitu, sebaiknya tidak dipaksa, karena bisa jadi buku-bukumu akan segera menjadi bubur.

Berikutnya, yang perlu diperhatikan jika memang ingin memasang rak dan menyimpan buku-buku di kamar mandi, pilih buku-buku yang di dalamnya tidak terdapat lafadz Allah dan ayat-ayat Alquran. 
Perihal ini, harap benar-benar selektif dan hati-hati. Dalam ajaran Islam, saat ke kamar mandi, tidak boleh membawa serta benda atau alat yang memuat ayat-ayat suci. Termasuk tidak boleh juga mengucapkan ayat-ayat Alquran dengan lisan.

Pastikan kamu bisa merawat rak dan buku-buku yang ada di kamar mandi itu dengan baik. Tidak basah dan lembab. [rafif]


sumber gambar: decoist.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku-Buku di Kamar Mandi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel