Antara Ujian dan Kegagalan



Barangkali salah satu kisah yang mewakili tema ini adalah, kisah Nabi Nuh AS. Nabi Nuh berdakwah selama 950 tahun, tetapi bahkan istri dan anaknya menolak mengikuti seruannya. Tak ada satu pun ahli sejarah yang mengatakan bahwa Nabi Nuh gagal. Melainkan itulah ujian. Ujian yang kerap dialami oleh para pejuang dakwah. Dalam kisah Nabi Nuh, sekaligus Allah ingin menunjukkan bahwa sepanjang dan sekeras apapun perjuangan dakwah, hanya Allah yang berhak memberikan hidayah.

Ujian-ujian seperti ini tak hanya dialami oleh para Nabi dan Rasul. Beberapa ustadz dan kyai mungkin mengalami; anak atau istrinya justru menjadi perintang jalan dakwah. Mungkin, Allah hendak mengujinya, apakah kepada Allah cintanya yang lebih besar atau kepada anak dan istrinya. 
Jika ia memilih Allah dan tak berhenti berdakwah, tak surut meski selangkah, berarti ia telah menyelesaikan ujian itu dengan sempurna. Namun jika yang terjadi sebaliknya, bisa jadi itulah kegagalan sesungguhnya.

Kegagalan adalah ketika kita tak bisa menyelesaikan ujian dengan cara-Nya. Anak yang nakal adalah ujian. Tetapi bisa menjadi kegagalan jika kita tak bisa mendidiknya dengan benar. Bukan perkara apakah ia tetap nakal atau berubah menjadi baik. Melainkan bagaimana ia melalui prosesnya. Bagaimana usaha dan jerihnya.

Demikianlah yang dilakukan Nabi Nuh AS, ketika banjir besar itu benar-benar datang. Di detik-detik terakhir, ia tetap berusaha mengajak Kan’an ke atas kapal, bersama pengikut-pengikutnya yang setia. Tapi Kan’an menolak dan ia pun tenggelam. Itulah puncak dakwah Nabi Nuh terhadap keluarganya.
Jadi dakwah, adalah proses yang tak pernah berhenti. Sebab hidayah Allah tak ada yang tahu pasti. Ada seseorang yang dengan mudah diajak, ada yang butuh berbulan-bulan, ada pula yang harus melewati masa bertahun-tahun. Maka, selama hayat masih dikandung badan, tak pernah ada kata bosan untuk mengajak pada kebenaran.

Nabi Nuh AS telah melakukan dakwah terbaiknya. Tetapi kaumnya menolak hingga melampaui batas. Istri dan anaknya berada dalam barisan itu. Nabi Nuh diuji dan ia melewati ujian itu hingga Allah mendatangkan keputusan-Nya.[rafif]


sumber gambar: tribunnews.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Antara Ujian dan Kegagalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel