Miliki Dua Hal Ini, Kamu Akan Menjadi Penulis Sejati


Untuk bisa menulis, kita hanya perlu dua hal: kesungguhan dan impian yang besar. 

Dua hal itulah yang mengubah keinginan menjadi tekad, lalu menjadi tindakan. 

Kesungguhan memperbesar daya juang, memanjangkan langkah, sementara impian akan membuat rintangan tampak kecil dan mudah ditaklukkan. Maka itulah separuh dari kemenangan. 

Separuh sisanya adalah medan amal. Tak ada cita-cita yang tegak tanpa perjuangan. Tak ada impian yang terwujud tanpa tindakan. 

Mulailah. Menulislah. Sebagaimana buku-buku yang kau baca, seperti itulah kelak karya-karyamu akan lahir. Tuangkan semua ilmu, pengalaman, pemikiran, hikmah, dan segala hal yang bisa kau tulis.

Mustahil jika mengatakan tak punya atau tak bisa. Kau hanya khawatir karyamu tak sempurna. Padahal nyatanya, selain kitab suci, tak ada karya yang benar-benar sempurna. Kau takut karyamu dicela, padahal tak satu pun orang yang memiliki impian besar yang tak dicela atau diremehkan. 

Mulai, dan tulislah. Kau bisa mulai dari yang paling dekat dengan dirimu. Seumpama, telinga. Pernahkah kamu membayangkan andai manusia hanya punya satu telinga? Atau bagaimana jika telinga menghadap ke atas? Atau apa yang terjadi jika telinga mampu mendengar semua jenis suara, termasuk jeritan orang-orang yang disiksa dalam kubur? Ajukan pertanyaan dan jawablah, demikian kalimat pertama tulisanmu bisa dimulai. 

Sederhana, bukan? 

Dengan kesungguhan dan impian besar, semua itu akan dapat dilalui dengan mudah. Kau hanya perlu terus memeliharanya, memupuknya, agar tetap tumbuh dan mengirimkan bunga-bunga. 

sumber gambar: ellenconny.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Miliki Dua Hal Ini, Kamu Akan Menjadi Penulis Sejati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel