Vladimir Nabokov, Bangun Pagi Demi Menulis



Vladimir Vladimirovich Nabokov lahir di Saint Petersburg, Rusia. Tepatnya pada 22 April 1899. Salah satu karyanya yang disebut-sebut sebagai salah satu karya terpenting abad 20 adalah, Lolita. Kisah seorang laki-laki dewasa yang jatuh cinta pada gadis remaja.

Nabokov begitu piawai dalam merangkai kata dan membuat deskripsi secara detail. Dalam novelnya yang berjudul Maria, Nabokov bahkan memulai detail setting yang cukup panjang. Dalam versi terjemahan, menghabiskan sekitar 10 halaman.

Selain Lolita dan Maria, Nabokov telah menerbitkan puluhan novel lain yang semakin mengokohkan namanya sebagai penulis ternama dunia. Beberapa diantaranya, seperti Bend Sinister (1947), Pnin (1949), Pale Fire (1962), dan Transparent Things (1972). Ia juga menulis beberapa naskah drama, puisi, dan cerita pendek.

Produktivitas Vladimir Nabokov ini tak lepas dari kebiasaannya bangun pagi untuk menulis. Pukul 05.30 ia bangun. Setelah mandi dan sarapan, ia menulis hingga pukul 10 pagi. Jadi kurang lebih 4 jam ia menulis di pagi hari.

Ketika ditanya tentang kebiasaannya itu, Nabokov mengatakan, “Saya menulis di waktu pagi hari, karena saat itulah suasana sejuk dan tenang untuk mengekspresikan pikiran dan imajinasi.” Ia merasa beruntung bisa bangun pagi dan menulis, sementara banyak penulis lain yang tidak dapat melakukan itu karena harus melawan rasa kantuk.

Selain disiplinnya yang tinggi, Vladimir Nabokov dikenal cerdas. Sejak berusia 5 tahun ia menguasai 3 bahasa sekaligus, yakni Rusia, Inggris, dan Prancis. Puisi pertamanya lahir saat ia masih 13 tahun. Kecerdasan dan kecintaannya pada bahasa dan sastra kemudian mengantarkannya sebagai pengajar di Universitas Stanford California. Sebelum akhirnya, dinobatkan sebagai professor dalam bidang sastra Rusia.

Meski dikenal sebagai penulis Rusia, menurut The New Yorker dalam artikel berjudul Nabokov’s America, Nabokov lebih sering menyebut dirinya sebagai penulis Amerika.

Nabokov menerima penghargaan American National Medal for Literature pada 1977. Dan pada tahun yang sama pula, tepatnya 22 Juli 1977, Vladimir Nabokov meninggal dunia karena penyakit paru-paru kronis.[rafif]

Referensi: Happy Morning karya Zaenuddin HM. Rene book. Cetakan 1,2014
sumber gambar: imdb.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Vladimir Nabokov, Bangun Pagi Demi Menulis "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel