Maria

Seperti nama Maria yang sederhana, kisah dalam novel ini pun sangat sederhana. Hanya tentang seorang laki-laki bernama Ganin yang tinggal dalam sebuah pondokan bersama teman-temannya. Salah seorang temannya bernama Aleksey Ivanovich Alfyorov. Dialah suami dari Maria, yang menjadi sumber konflik dalam novel ini.

Tanpa disadari oleh Alfyorov, sementara ia dalam masa menunggu istrinya datang dari Rusia, ternyata Ganin adalah laki-laki pertama yang pernah menyentuh Maria. Bahkan telah merasakan manis madunya pula. Ganin menjadi marah dan tersulut emosinya saat Alfyorov bercerita tentang Maria. Rupanya Ganin cemburu, cemburu yang ia sendiri pun tak bisa memahami. Sebab sudah lama ia melupakan Maria dan kini Alfyorov mengingatkannya kembali sehingga memicu rindu yang tak tertahankan.

Vladimir Nabokov, pengarang novel ini, begitu sangat detail dalam mendeskripsikan setting dan tokoh-tokohnya. Bahkan di Bab 2, ia hampir menghabiskan empat halaman hanya untuk sekadar mendeskripsikan pondokan yang menjadi latar tempat dari keseluruhan cerita. Dalam mendeskripsikan tempat sesekali ia sekaligus meceritakan tentang penghuninya dan sekaligus mendeskripsikannya dengan sangat rinci.

Novel ini adalah novel tentang cinta pertama yang begitu kuat dengan penulisan latar dan pelukisan karakter tokoh yang sangat detil sehingga sangat mungkin pembaca seolah dibawa untuk menyusuri setiap jejak tokoh seperti sedang menonton film di layar kaca.

Rafif, 26 Maret 2013. 11.20 wib
Review Maria. Serambi,2009. 205 halaman. Karya Vladimir Nabokov

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Maria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel